Tips for heathy life

Tips for heathy life

Rabu, 07 Januari 2015

Kebiasaan Berbohong

Pernah punya teman yang suka berbohong?
Yup, pernah donk.

Pernah mengalami dibohongi teman?
Sering banget.

Pernah berbohong?
Pernah. Tetapi gak pernah bertahan lama karena selalu mengganggu pikiran saya dan akhirnya jujur juga meski saya butuh waktu untuk mengumpulkan keberanian untuk jujur. Jadi ingat semboyan dari KPK, berani jujur, HEBAT!
Beneran hebat deh kalo bisa selalu jujur karena semakin saya mendewasa (baca:menua), saya semakin sering melihat orang yang pandai berbohong. Kepandaian tersebut seakan-akan dilakoni tanpa rasa takut. Dan yang lebih parahnya lagi, jika terlalu banyak berbohong biasanya menjurus ke memfitnah orang lain agar dirinya tetap baik di mata orang lain. Semoga saya terhindar dari kebiasaan bohong meski saya akui saya juga pernah bohong. Tetapi semoga Allah mengampuni dosa saya dan menerima tobat saya. 

Kebiasaan berbohong ini seperti sudah sangat umum ya. Seakan-akan orang yang melakukan gak takut dosa. Saya pribadi, takut dosa. Setiap saya berbohong, beberapa saat kemudian saya mengakui saya bohong. Saya memang bukan orang selalu jujur tetapi saya tipe yang tidak 'biasa' bohong. Mungkin bohong itu saat ini semacam makanan sehari-hari. Dalam 1 hari bisa bohong berkali-kali. Tetapi saya yakin, bagi orang yang beriman, bohong itu sesuatu yang tidak baik dan tidak akan dijadikan kebiasaan dalam hidup. So, dekati orang-orang yang beriman. Jauhi orang-orang yang punya kebiasaan bohong.

Dikutip dari http://anyoel.mywapblog.com/larangan-menghina-dan-memfitnah.xhtml :

Dari Abu Hurairah Radhiallahu'anhu dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam. [HR. Bukhari & Muslim].

Dari Sahl bin Sa'ad Radhiallahu'anhu berkata : Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : Barang siapa memberikan jaminan kepadaku terhadap apa apa yang berada di antara dua rahangnya dan apa yang berada di antara dua pahanya, maka aku memberi jaminan surga baginya. [HR. Bukhari & Muslim].

Seseorang yang mampu menjaga lisannya dari perkataan bohong, menghina, dan memfitnah, serta menjaga kemaluan dari perbuatan zina, maka Rasulullah memberi jaminan surga baginya. Itulah kemuliaan dan ketinggian derajat memelihara lisan dan kemaluan.


Pernah tau hukuman Allah jika sering berbohong?

Terjemahan Surat An-Nur Ayat 11-18 yang artinya :

a. Sesungguhnya orang-orang yang datang membawa berita bohong itu adalah golongan kamu juga. Janganlah kamu kata bahwa perbuatan mereka itu membawa akibat buruk bagi kamu, bahkan itu adalah mem­baikkan. Setiap orang akan men­dapat hukuman dari sebab dosa yang dibuatnya itu. Dan orang yang mengambil bagian terbesar akan mendapat siksaan yang besar pula.

b. Mengapa setelah mendengar berita-berita bohong itu orang-­orang yang beriman, baik laki laki ataupun perempuan, tidak meletakkan sangka yang baik terhadap dirinya, mengapa tidak mereka katakan bahwa berita itu adalah bohong belaka?

c. Mengapa mereka menuduh tetapi tidak mengemukakan empat orang saksi; kalau mereka tidak mengemukakan saksi-saksi itu, mereka adalah pembohong belaka dalam pandangan Allah.

d. Kalau bukanlah kemurahan Tuhan Allah dan kasih rahmat­Nya kepada kamu di atas dunia ini dan di akhirat kelak, niscaya kamu akan ditimpa oleh azab yang amat besar karena berita yang kamu siarkan itu.

e. Ketika kamu sambut berita itu dari lidah ke lidah, kamu katakan dengan mulutmu perkara yang sama sekali tidak kamu ketahui; kamu sangka bahwa cakap­-cakap demikian perkara kecil saja, padahal dia adalah perkara besar pada pandangan Allah.

f. Alangkah baiknya ketika kamu mendengar berita itu kamu kata­kan saja: Tidak sepatutnya kami membicarakan berita bohong ini. Amat Suci Engkau ya Tuhan, berita ini adalah bohong besar belaka!

g. Tuhan memberi pengajaran bagi kamu, supaya jangan meng­ulangi lagi perbuatan seperti itu buat selama-selamanya. Kalau betul kamu mengakui beriman.

h. Dan telah dijelaskan oleh Tuhan ayat-ayatNya kepada kamu! Dan Tuhan Allah adalah Maha Me­ngetahui dan Maha Bijaksana.


0 komentar:

Posting Komentar